Advertisement

10 Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan Dan Kandungan Nutrisinya




Manfaat Buah Pisang - Siapa yang tidak tahu buah yang satu ini, teksturnya yang empuk ditambah lagi dengan warna kuningnya menjadi cirikhas buah pisang, buah yang terkenal bisa tumbuh di iklim Tropis ini pastinya akan dengan mudah bisa bunda temukan di beberapa tempat, jenis dari pisang juga seperti kita ketahui jenis dari buah pisang ini sendiri sangatlah banyak. mulai dari yang ukurannya kecil sampai dengan rasanya yang banyak bervariasi menjadikan pisang menjadi memiliki nama yang berbeda-beda.



Namun tahukan bunda dari enaknya buah pisang ternyata pisang juga memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh kita, salah satu manfaat pisang yang baik untuk tubuh kita adalah karena banyaknya kandungan kebaikan dalam satu buah pisang, memiliki banyak manfaat untuk tubuh membuat pisang memang menjadi buah yang murah dan juga sangat mudah untuk di dapatkan.




Selain itu sangking mudahnya pisang dibudidayakan, buah pisang juga rata-rata dijual dengan harga yang tidak terlalu mahal, dengan harga pisang yang murah ternyata pisang menyimpan banyak sekali manfaat dan kebaikan untuk tubuh manusia, bahkan beberapa trend yang sedang ramapi adalah lulur dengan menggunakan kulit pisang, konon dengan menggunakan lulur yang dicampuri kulit pisang akan membuat kulit lebih kencang.




Pisang sendiri merupakan buah yang paling banyak dikonsumsi di dunia, dimana setidaknya pisang mampu tumbuh di 107 Negara di dunia, jadi manfaat pisang rasanya bukan sebuah isapan jempol, dimana pisang sendiri memiliki rasa yang enak, Buah pisang juga menempati urutan ke empat buah yang diantara dunia pangan, berikut adalah 10 Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan Dan Kandungan Nutrisinya selengkapnya :



10 Manfaat Buah Pisang





Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan
Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan



1. Pencernaan Usus



Salah satu manfaat buah pisang untuk kesehatan adalah pisang mampu memberikan pencernaan usus yang baik, hal ini dikarenakan serat yang terkandung di dalam pisang sangat membantu mengurangi resiko sembelit, Pisang digunakan untuk menahan inflamasi karena proses tersebut dapat dipercepat dengan vitamin C pisang. hal ini pula yang membuat disarankan mengkonsumsi pisang setelah makan utama.




2. Memperlancar Peredaran Darah



Manfaat lain dari pisang adalah untuk memperlancar peredaran darah, hal ini dikarenakan pisang memiliki kandungan Potasium yang dipercaya mampu memperlancar peredaran darah. disisi lain kandungan kalium dalam pisang juga di percaya mampu untuk mengatur tekanan darah hal ini juga dipercaya mampu menekan resiko tekanan darah penyebab stroke dan juga serangan jantung.




3. Menormalkan Fungsi Jantung



Fungsi lain dari buah pisang adalah menormalkan fungsi jantung, dengan mengkonsumi pisang dipercaya mampu memberikan nutrisi untuk tubuh yang nantinya mendukung fungsi jantung, dimana pisang yang mengandung kalium akan dialurkan kedalam semua pembuluh darah dimana proses ini akan mengalir keseluruh tubuh.




4. Kesehatan Mata



Percaya atau tidak Pisang juga dipercaya mampu memberikan kesehatan pada mata, Pisang memiliki sejumlah vitamin A yang terkandung dalam buahnya, yang nantinya larut dalam lemak dan hal inilah penting untuk melindungi mata. Senyawa dalam pisang ini nantinya melestarikan membran yang mengelilingi mata dan merupakan komponen dari salah satu protein yang membawa cahaya ke kornea mata.




5. Mencegah Animea



Adanya zat besi yang terkandung dalam pisang sudah bisa menjamin bahwa buah yang satu ini sangat bisa mencegah animea, nantinya bunda bisa mengkonsumsi buah pisang dua buah sehari untuk setidaknya mencegah animea, terlibih untuk sobat yang sering lembur.




6. Diare



Jenis makanan seperiti buah apel dan pisang sangat membantu saat sobat sedang mengalami diare, dengan elektrolit yang hilang saat diare, seperti kita ketahui kandungan elektrolit seperti kalium yang terdapat pada pisang sangatlah membantu proses metabolisme tubuh saat diare.




7. Liver



Saat menderita liver pastinya napsu makan kita akan sedikit berkurang, nantinys sobat bisa mengkonsumsi pisang yang dicampur madu sebagai penambah napsu makan, hal ini sngat perlu dilakukan oleh penderita liver.




8. Diabetes



Pada sebuah Penelitian telah menunjukkan bahwa diabetes tipe 1, yang menkonsumsi diet tinggi serat memiliki kadar glukosa darah dan meningkatkan lipid dan insulin. Satu pisang ukuran sedang menyediakan sekitar 3 gram serat. jadi dalam hal ini pisang sangatlah berguna untuk penderita diabetes.




9. Asma



Pada sebuah setudi menujukan anak-anak yang sering mengkonsumsi Buah Pisang akan lebih jarang menderita asma dibandingkan dengan anak yang jarang mengkonsumsi pisang, bahkan peluangnya 35%lebih kecil dibandingkan dengan anak yang jarang mengkonsumsi pisang.



10. Pisang Memperlancar Pencernaan
Pisang yang mengandung serat yang baik untuk tubuh, baik larut dan tidak larut. Serat merupakan nutrisi penting dalam tubuh karena dapat membantu mengatur kecepatan pencernaan, berjalan lebih pelan. dimana nantinya pisang akan membuat kita merasa kenyang


Kandungan Nutrisi Buah Pisang





Aneka Resep Bahan Pisang
Aneka Resep Bahan Pisang




































              Jenis Nutrisi                                                 Kandungan                  AKG%
Kalori89 kal-
Karbohidrat22,8g-
Air75%-
Protein1,1g-
Gula12,2g-
Serat2,6g-
Lemak0,3g-
Vitamin A3µg0%
Vitamin C8,7mg10%
Vitamin D0µg-
Vitamin E0,1mg1%
Vitamin K0,5µg0%
Vitamin B1 (Thiamine)0,03mg3%
Vitamin B2 (Riboflavin)0,07mg6%
Vitamin B3 (Niacin)0,67mg4%
Vitamin B5 (Panthothenic acid)0,33mg7%
Vitamin B6 (Pyridoxine)0,37mg28%
Vitamin B9 (Folat)20µg5%
Vitamin B120µg-
Cholin9,8mg2%
Kalsium5mg1%
Zat Besi0,26mg3%
Magnesium27mg7%
Fosfor22mg3%
Potassium (Kalium)358mg8%
Sodium1mg0%
Seng (Zinc)0,15mg1%
Tembaga (Copper)0,08mg9%
Manganese0,27mg12%
Selenium1µg2%



AKG% = Angka Kecukupan Gizi harian berdasarkan diet 2000 kalori. AKG dalam bahasa Inggris disebut dengan Daily Value (DV).




Aneka Resep Buah Pisang : Resep Pisang Karamel


Pisang yang kaya akan manfaat untuk tubuh kita rasanya akan sangat sayang sekali jika tidak kita manfaatkan dengan baik, terlebih buah pisang sangat mudah kita dapatkan, selain itu pohon pisang yang bisa dengan mudah bunda tanam juga bisa menjadi cara ampuh untuk bisa memiliki pohon pisang di dekat rumah, demikian ulasan menggenai 10 Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan Dan Kandungan Nutrisinya jangan lupa baca juga Manfaat Buah Apel.



Posting Komentar

0 Komentar

class='back-top' title='Back to Top'/