Advertisement

RESEP TELUR GABUS KEJU ASIN YANG RENYAH






Resep Telur Gabus Keju Asin yang Renyah - Kue telur gabus keju adalah salah satu camilan sederhana yang bercita rasa asin, gurih dan renyah. Proses membuat kue telur gabus adalah dengan cara digoreng, kue kering goreng ini biasa menjadi teman ngemil sehari-hari, selain itu juga selalu menjadi suguhan khas lebaran yang enak dikunyah sebagai pilihan yang melengkapi aneka menu kue kering lainnya.

Resep Cara Membuat Telur Gabus Keju

Dalam uji coba resep cara membuat telur gabus ini, ternyata tidak semulus yang diperkirakan karena menghasilkan adonan yang dihasilkan tidak kalis sehingga tidak bisa dibentuk. Akan tetapi setelah melakukan tambahan takaran pada resep sesuai penjelasan di bawah, kue telur gabus menjadi renyah dan gurih.


Resep Membuat Telur Gabus :


Dalam pembuatan kue telur gabus sesuai resep di bawah ini ternyata menghasilkan adonan yang tidak kalis, mungkin disebabkan perbedaan ukuran telur. Saat pembuatan saya tambahkan 20 gram tepung sagu, 20 gram tepung maizena dan 20 gram tepung terigu (ayak) serta kejunya juga ditambah sekitar 15 gram.

Bahan-bahan :


  • 150 gram tepung sagu

  • 75 gram tepung maizena

  • 50 gram tepung terigu protein sedang

  • 100 gram keju cheddar parut

  • 3 butir telur

  • 25 ml air

  • 1 ¼ sdt garam

  • Minyak goreng secukupnya



Cara Membuat Telur Gabus :



  1. Kocok lepas telur beserta air dan garam hingga rata. Masukkan ke dalam campuran terigu, sagu dan maizenna yang telah diayak sebelumnya, aduk rata.

  2. Masukkan keju parut, aduk rata menggunakan tangan sampai adonan kalis dan bisa dipilin lalu bentuk lonjong kecil, rendam ke dalam minyak dingin.

  3. Siapkan minyak panas sedang. Ambil adonan dari minyak dingin dan goreng hingga kuning kecoklatan dan matang merata. Angkat dan tiriskan lalu simpan dalam wadah kedap udara.


Telur gabus juga disebut kue widaran, untuk menghasilkan telur gabus dengan variasi resep yang berbeda bisa juga melihat resep widaran yang lebih mudah diikuti karena telah dilengkapi dengan petunjuk gambar dalam proses pembuatannya.

Tips : goreng kembali jika kue telur gabus keju telah melempem bila wadah sudah terlalu sering dibuka, maka telur gabus dapat renyah kembali.





Thanks for like n share :








Posting Komentar

0 Komentar

class='back-top' title='Back to Top'/