Advertisement

16 Resep Menu Buka Puasa dan Sahur Sehat Praktis 2017



Memasuki Bulan Ramadhan 2017 kali ini, sudah tentu kita harus lebih memperhatikan lagi mengenai asupan-asupan yang terbaik, yang semestinya kita siapkan dalam sajian menu buka puasa dan menu sahur dalam sebulan kedapan. Aneka hidangan menu untuk berbuka puasa yang baik sudah tentu adalah makanan yang sehat.

Bermacam-macam buah-buahan merupakan pilihan tepat sebagai makanan yang manis natural, bahkan memberikan cita rasa manis alami yang bervariasi. Sebisa mungkin mengontrol penggunaan gula pasir karena dapat memberikan dampak yang kurang baik bagi kesehatan.

Buah kurma, pisang, pepaya, mangga, melon, semangka, kiwi, apel, air buah kelapa atau banyak jenis buah-buahan lainnya sangat ideal sebagai menu takjil atau menu yang disegerakan untuk berbuka puasa. Buah-buah yang bersifat mudah dicerna dan menawarkan tubuh berbagai nutrisi yang dapat membantu transisi antara masa berpuasa dan berbuka menjadi terasa mudah. Selain itu penting untuk diperhatikan adalah konsumsi air putih, usahakan dari saat buka puasa sampai saat sebelum tidur minimal minum 1 liter air.

Selanjutnya bagaimana dengan menu makan setelah berbuka puasa? Jika sebelumnya kita telah mengkonsumsi buah-buahan segar atau kombinasi lainnya dari menu takjil untuk berbuka puasa, maka hidangan sehat lainnya yang disarankan dalam menu buka puasa diantaranya adalah sebagai berikut :



  • Sayuran hijau karena selain mudah dicerna dan memiliki kandungan alkalin yang tinggi sehngga sangat ideal untuk memaksimalkan kesehatan kita.

  • Biji-bijian dan kacang-kacangan merupakan sumber protein yang baik dan mudah dicerna. Biji bunga matahari, biji waluh atau labu, walnut (sumber omega-3), almond, kacang mete, kemiri, kacang tanah, kacang Brazil, kacang hijau dan kacang macadamia merupakan bahan makanan yang tepat dimakan setelah berpuasa.

  • Beras merah berbeda dengan beras putih karena bagian kulit pada beras merah masih utuh. Para ahli gizi dan ahli diet merekomendasikan nasi merah sebagai sumber nutrisi.

  • Oat juga ideal untuk dimakan untuk berbuka puasa. Memakan oat membawa banyak manfaat, dan khususnya setelah berpuasa. Makan satu sajian oat memberikan tubuh vitamin E, zinc, selenium, tembaga, besi, mangan, protein dan magnesium.



Kumpulan menu takjil yang manis untuk buka puasa dan masakan utama atau makan besar yang tentunya bisa juga digunakan untuk daftar menu sahur. Untuk memenuhi akan kebutuhan variasi dalam resep menu buka puasa dan sahur yang enak, simpel, ekonomis dan sederhana atau murah meriah bahkan cocok untuk anak kost, berikut kami rangkum beberapa contoh kreasi resep menu buka puasa 2017 yang sehat praktis di bawah ini :



Resep Menu Buka Puasa

1. Kolak Pisang
Kreasi kuah kolak yang gurih dan segar meski diolah secara sederhana dan praktis. Kita dapat mengkombinasikan dengan aneka bahan pendamping pisang, seperti kolang-kaling, ubi, nangka, maupun bahan lain sesuai selera bunda.

2. Singkong Thailand
Menikmati singkong dengan saus vla yang kental bisa menjadi alternatif dalam menyantap singkong yang lezat. Kolak singkong ala thailand dengan cita rasa manis dan gurih ini sudah sangat populer di Indonesia.

3. Es Goyobod
Es goyobod sangat terkenal di Jawa Barat, termasuk di kota kembang Bandung. Kita dapat membuatnya sendiri di rumah dengan cara yang mudah, yaitu menggunakan tepung hunkwe yang terbuat dari pati kacang hijau.

4. Es Oyen
Minuman dingin yang manis termasuk menu favorit buka puasa, es oyen campur dengan kombinasi jagung manis memberikan sensasi kesegaran yang dapat mengembalikan stamina dan menghilangkan dahaga.


Resep Buka Puasa dan Sahur Sehat Praktis

5. Urap Sayuran
Cara menyajikan aneka sayuran dengan bumbu urap kelapa kering yang disangrai alias tanpa minyak ini akan membuat menu sayur mayur saat berbuka puasa dan sahur menjadi kian istimewa. Cara membuatnya cukup praktis, sayuran direbus sebentar lalu dicampur dengan bumbu urap yang sebelumnya telah disangrai.

6. Tahu Rambutan
Menu olahan tahu unik kekinian, bola-bola tahu rambutan yang menjadi hits di tahun 2017 ini bisa menjadi pilihan sebagai tambahan referensi dalam menu buka puasa maupun sahur yang tergolong praktis.

7. Cabe Ijo Tumis Kecap
Sensasi cabe ijo dimasak kecap akan membuat selera makan menjadi meningkat, resep ini bisa menjadi pilihan apalagi caranya pun sangat mudah dan praktis. Cabe hijau adalah cabe muda, namun pilih lagi yang benar-benar muda atau kulitnya tidak keras agar kelezatannya menjadi sempurna.

8. Rujak Kangkung
Nah bagi yanag selera pedas, kangkung bumbu rujak kian melengkapi sajian di bulan ramadhan kali ini.


Menu Sayur Praktis Untuk Buka Puasa

9. Sayur Lodeh
Menu berbuka dan sahur dengan sayuran bersantan bisa mencoba sayur lodeh, masakan berkuah gurih yang terdiri dari aneka macam sayuran ini memang paling digemari selain sayur asem.

10. Capcay Goreng
Salah satu masakan favorit ibu-ibu ini juga terdiri dari berbagai macam kombinasi sayuran. Selain lezat dimasak seperti capcay kuah, juga tak kalah nikmat bila digoreng atau dimasak dengan sedikit kuah.

11. Sup Oyong
Menyantap sayur oyong (kisik) sambil menghirup kuah bening nan segar membuatnya begitu sedap disantap.

12. Sayur Asem
Jika sayur lodeh memiliki karakter kuah yang sedap dan gurih, maka sayur asem bercita rasa kuah yang asem dan segar meskipun secara umum bahan-bahan yang digunakan hampir sama.


Menu Praktis Saat Buka Puasa dan Sahur

13. Nugget Tahu
Sekali membuat nugget maka kita bisa menyimpannya di freezer dalam waktu yang cukup lama, sehingga kita hanya tinggal menggoreng nugget ketika akan menyiapkan menu sahur. Oleh karena keunggulannya, nugget sering menjadi menu andalan di waktu-waktu sahur yang sudah mepet.

14. Kentang Mustofa
Berbeda dengan nugget, kentang mustofa atau sambal goreng kentang kering ini tinggal kita simpan dalam wadah tertutup agar kerenyahannya bertahan lama. Walau tak sempat memasak hari ini kita masih bisa santap sahur dengan menu yang enak.

15. Kering Tempe
Begitu juga dengan kering tempe campur teri dan kacang tanah ini, menu favorit ibu-ibu rumah tangga dari zaman dahulu kala yang biasa disimpan dalam toples kaca karena bisa dijadikan stok lauk pauk pendamping nasi.

16. Sambal Merah Padang
Tak lengkap bila tak ada sambal, nah menu yang terakhir adalah sambal. Kreasi sambal merah sederhana namun kelezatan aroma daun jeruk dan cita rasa membuat menu makan buka puasa dan sahur menjadi kian lengkap.


Tentunya 16 resep masakan praktis di atas hanya contoh sekedarnya saja, selain menu di atas terdapat banyak sekali variasi masakan yang telah dibagikan dalam blog resep ini yang sangat mudah dicari karena telah dikelompokkan berdasarkan kategorinya, ada aneka ayam, aneka sayur, tahu tempe, telur dan sebagainya (lihat di pilih resep).

Semoga dengan melihat-lihat daftar menu masakan di dalam blog resep masakan ini bisa bermanfaat dan menambah referensi atau ide dalam menyiapkan menu buka puasa dan menu masakan sahur keluarga anda di rumah, terima kasih sudah berkunjung.

Posting Komentar

0 Komentar

class='back-top' title='Back to Top'/