Advertisement

Resep Kue Widaran Asin Keju Renyah dan Gurih







Resep Kue Widaran Asin Keju

Renyah dan gurih ketika dikunyah membuat resep kue widaran asin keju menjadi cemilan enak yang favorit, bahkan kue kering goreng ini sering menjadi menu khas saat lebaran idul fitri, natal, imlek, maupun pesta tahun baru.

Widaran juga populer dengan sebutan telur gabus, bahan untuk adonan dasarnya sangat sederhana, serta mudah dan praktis dalam cara membuatnya karena dibuat dengan cara digoreng renyah. Cita rasa keju adalah salah satu varian kue widaran asin yang paling diminati.
Lihat variasi lainnya :



Resep Membuat Kue Widaran Keju


Ukurannya dapat disesuaikan menurut selera, namun saat membentuk atau mempelintir adonan jangan terlalu besar karena nantinya akan mengembang setelah digoreng.


Bahan-bahan kue :



  • 250 gram tepung tapioka (sagu tani)

  • 70 gram (2 bungkus kecil) keju cheddar, parut

  • 50 gram margarin blue band

  • 2 butir telur ayam

  • 1/2 sdt garam

  • Minyak untuk menggoreng



Cara Membuat Kue Widaran



Cara Membuat Kue Widaran Keju



  1. Kocok telur, margarin, keju dan garam menggunakan mixer kecepatan tinggi cukup hingga tercampur rata. Selanjutnya masukkan tepung sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis.

  2. Siapkan wajan berisi minyak goreng (jangan minyak panas ya agar tidak meletup), ambil 1/4 sdt adonan untuk ukuran kecil atau 1/2 sdt untuk ukuran lebih besar. Pelintir atau pilin adonan menggunakan kedua telapak tangan, lalu masukkan dalam wajan berisi minyak goreng dingin tadi.

  3. Jika sudah berisi cukup banyak, baru kemudian nyalakan api kecil. Biarkan hingga adonan mengapung dan mengembang, setelah itu aduk pelan-pelan. Jika sudah mengeras baru aduk-aduk agak sering supaya matang merata hingga berwarna kekuninga, angkat dan tiriskan.



Tips membuat kue widaran :


Tips supaya prosesnya lebih cepat sebaiknya menggunakan 2 wajan atau lebih, sehingga setelah menggunakan wajan pertama dan sambil menunggunya dingin kembali, maka kita bisa menggunakan wajan berikutnya. Selain itu agar tidak masuk angin sehingga tetap renyah tahan lama, simpan kue widaran asin keju dalam wadah tertutup.





Thanks for like n share :








Posting Komentar

0 Komentar

class='back-top' title='Back to Top'/